Meski Harga Minyak Fluktuatif, Jonan Pastikan Harga BBM Tidak Naik

0
loading...

 

TERASBINTANG – Pergerakan harga minyak dunia terus berfluktuasi. Dari Januari hingga Maret cenderung di atas 50 dollar Amerika Serikat (AS) per barel. Hal ini tentu berpengaruh pada harga minyak dalam negeri.

Namun, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memastikan, hingga Juni 2017 harga premium, solar dan minyak tanah yang disubsidi pemerintah tidak akan naik.

“Harga BBM yang dikendalikan pemerintah seperti premium dengan RON 88 dan biosolar dan kerosen, itu diusahakan April sampai Juni tidak akan naik‎,” kata Jonan di Jakarta, Jumat (24/3).

Menurut Jonan,  tiga jenis BBM masih bisa ditahan harganya pada posisi Rp 5.150 per liter. Sementara harga solar subsidi dan premium penugasan di luar Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) berada di kisaran Rp 6.450 per liter.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pertamina, Muchamad Iskandar mengatakan, Pertamina siap menerima penugasan dari pemerintah dalam situasi apapun. Termasuk jika hingga 30 Juni 2017 nanti tidak ada perubahan harga BBM penugasan.

“Kalau nanti sempet turun sampai 40 dollar AS per barel lagi ya, jangan sampai diturunkan, karena itu sebagai kompensasi yang setengah tahun itu minus. Itu memang kesepakatan,” kata Iskandar. (SUM)

loading...