Minta Sri Bintang Pamungkas Dilepas, Anggota DPR RI Ini Dinilai Tak Paham Hukum

0
loading...

TERASBINTANG.com– Bertepatan dengan Hari HAM sedunia yang jatuh pada 10 Desember kemarin, anggota komisi III DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Polri melepas pelaku dugaan makar Sri Bintang Pamungkas.

Menanggapi pernyataan Sufmi tersebut, Firman dari Madjid Politika mengatakan urusan penahanan murni kewenangan penyidik. Sebelum mengambil suatu tindakan, penyidik sudah pasti mengkalkulasi baik-buruknya.

“Penahanan itu sah-sah saja karena memang dibenarkan oleh UU. Saya yakin penyidik punya pertimbangan khusus kenapa menahan Pak Sri Bintang,” ujar Firman.

Soal usia Sri Bintang yang sudah tua, dia berkeyakinan bahwa polisi pasti memberikan tempat yang baik dan layak. “Bahkan kabarnya kan Pak Sri Bintang ini mendapat sel tahanan yang paling bagus dan layak,” katanya.

Firman juga mengkritik pandangan Sufmi Dasco Ahmad yang sempat menyebut kesuksesan polisi dalam memberikan pengamanan kepada masyarakat selama demo 411 dan 212 ternodai dengan melakukan penahan kepada aktivis yang dinilai tidak perlu. Menurut Firman, hal itu suatu kekeliruan besar.

“Perlu diingat, penahanan itu berkaitan dengan proses hukum yang sedang berjalan. Kalau dibilang tidak perlu, menurut saya itu cara perpikir yang keliru dan menyesatkan. Apalagi Sri Bintang, kalau kata polisi, tidak koperatif ketika ditangkap dan diperiksa,” ujarnya.

loading...