Miris, Isu Rush Money Disebar Oleh Guru SMK

0
Kadiv Humas Polri, Boy Rafli Amar

TERASBINTANG.com– Setelah melakukan pelacakan, polisi berhasil mendeteksi orang yang pertama kali menyebar isu penarikan dana besar-besaran dari bank atau lebih dikenal dengan sebutan rush money, yang sempat jadi viral di media sosial.

Penyebar ajakan rush money bernama Abu Uwais alias AR, seorang guru SMK di daerah Pluit, Jakarta Utara. Pria berusia 31 tahun itu telah ditetapkan sebagai tersangka. Abu Uwais ditangkap pada 24 November kemarin oleh Subdit Cybercrime Bareskrim setelah pulang mengajar di kawasan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

”Ini provokatif. Dia menulis ‘Ayo ambil uang kita dari bank milik komunis’. Ini tidak mendidik masyarakat dan atas dasar unggahan ini, penyidik menangkap pelaku yang mengaku iseng dan telah membuat pernyataan minta maaf,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar, Sabtu (26/11/2016).

Boy Rafli mengatakan, aparat bekerja untuk mengungkap siapa aktor intektual di balik isu rush money tersebut.

“Tindakan tersangka telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Jangan lakukan hal begini lagi. Di mana pun Anda berada, Anda akan ketahuan dan kita bisa deteksi orang seperti Anda. Kalau Anda di dalam negeri akan kita tangkap dan kalau di luar negeri, kita akan bekerja sama dengan Interpol,” tegas Boy.

Ajakan melakukan rush money oleh Abu Uwais dilakukan melalui akun Facebook-nya, memposting foto sedang tidur dikelilingi uang dan buku tabungan. Dia memprovokasi orang-orang untuk menarik dana tabungan di bank umum. Abu Uwais tidak ditahan tapi dikenakan wajib lapor.

KOMENTAR