MUI Haramkan Umat Islam Gunakan Atribut Keagamaan Nonmuslim

0
loading...

TERASBINTANG.com– Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait penggunaan atribut keagamaan nonmuslim. MUI mengharamkan umat Islam menggunakan atribut keagamaan nonmuslim.

“Menggunakan atribut keagamaan nonmuslim adalah haram. Mengajak dan/atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan nonmuslim adalah haram,” kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam membacakan fatwa, Rabu (14/12/2016).

Yang diharamkan MUI disini adalah atribut keagamaan yang dipakai dan digunakan sebagai identitas, ciri khas, atau tanda tertentu dari suatu agama dan/atau umat dari agama tertentu. Baik terkait dengan keyakinan, ritual ibadah, maupun tradisi dari agama tertentu.

Pengharaman atribut nonmuslim digunakan oleh umat Islam atas berbagai pertimbangan. Salah satunya, penggunaan atribut tersebut mempromosikan agama lain.

“Bahwa di masyarakat terjadi fenomena di mana saat peringatan hari besar agama non-Islam, sebagian umat Islam atas nama toleransi dan persahabatan, menggunakan atribut dan/atau simbol keagamaan nonmuslim yang berdampak pada siar keagamaan mereka,” kata Asrorun Niam.

loading...