“Nyi Roro Kidul” Bawakan Bendera HUT RI ke-71

0

TERASBINTANG.com — Hal unik terjadi di Purwakarta, Jawa Barat. Di sini bendera merah putih yang akan dikibarkan di HUT RI ke-71 dibawa oleh “Nyi Roro Kidul” dan diberikan kepada Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk diserahkan ke pasukan pengibar bendera.

Runtutan protokoler di Purwakarta ini resmi diubah per tahun 2016. Dedi Mulyadi sengaja membuat inovasi baru untuk mengembalikan kultur merah-putih kepada akar kebudayaan dan tradisi bangsa Indonesia.

Dedi Mulyadi mengatakan bendera merah-putih diterima dari Nyi Roro Kidul karena dia sosok penjaga.

“Kenapa merah-putih itu saya peroleh dari sosok Nyi Ratu Kidul? Karena Ratu Kidul ini kan simbol penjaga laut. Maka mereka yang merusak laut itu tidak memiliki jiwa nasionalisme. Saya pernah katakan bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, itu Nyi Ratu Kidul karena dia berani mengebom kapal-kapal pencuri kekayaan laut Indonesia,” ujar Dedi.

Bendera yang diterima Dedi dari “Nyi Roro Kidul” akan diarak menuju Taman Pesanggrahan Padjadjaran sebelum dikibarkan di hari Kemerdekaan RI ke-71 hari ini.

Berperan jadi Nyi Ratu Kidul seorang wanita bernama Cinta Rizkiya. Selain berpakaian seperti legenda Ratu Pantai Selatan, Cinta Rizkia juga membakan tarian kolosal pengukuhan paskibraka.

KOMENTAR