Operasi Simpatik Lodaya 2016, Polisi Bangun Kebersamaan dengan Pengendara

0

TERASBINTANG.com – Operasi Simpatik Lodaya 2016 dijadikan ajang membangun kebersamaan oleh polisi dengan pengendara. Di Bogor misalnya, polisi tampil begitu ramah dan memberikan koran berisi sosialisasi peraturan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Bogor, Bramantyo Priadji melalui Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali), Satlantas Polres Kabupaten Bogor, Vino Lestari di sela-sela operasi mengatakan, pada prinsipnya, polisi dan pengendara punya tujuan sama, yaitu terciptanya tertib lalu lintas demi keselamatan pengendara.

Karena itu, kata dia, keramahan polisi dan pengertian pengendara, akan menciptakan kebersamaan untuk tujuan bersama. Kebersamaan itu, kata Vino, di Bogor dibangun dengan cara membagi-bagikan koran lalu lintas.

“Lebih dari 300 koran kami bagikan hari ini. Beberapa pengendara awalnya takut, padahal kami mau memberikan koran pada mereka,” kata dia.

Tak hanya itu, di Bogor, kata Vino, pihaknya juga menerpakan prosedur yang ramah dalam memberi peringatan. Pada pekan pertama, pengendara yang melanggar hanya akan diberi teguran.

Namun, teguran tersebut hanya diberikan pada pengendara yang melakukan pelanggaran ringan, semisal melanggar kelengkapan kendaraan berupa lampu yang tidak menyala. Sedangkan bagi pelanggar kelengkapan keselamatan seperti tak menggunakan helm atau melawan arus, polisi akan langsung menilangnya.

“Dua pekan terakhir, baru kami tindak semua bentuk pelanggaran karena teguran sudah diberikan,” kata Vino. (SUM)

KOMENTAR