Paham Radikalisme Kerap Tersebar Melalui Sekolah dan Media

0

TERASBINTANG.com – Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad menghimbau agar mewaspadai masuknya paham terorisme di sekolah.

“Tahun 2010 kami mendapat laporan dari sejumlah praktisi pendidikan yang menyatakan paham radikalisme sudah masuk di sekolah. Waktu itu yang dilaporkan melalui pelajaran agama dan ekskul keagamaan,” kata Hamid dalam acara Dialog Pencegahan Paham Radikal Terorisme dan ISIS di Kalangan Guru dan Pelajar se-Jabar di Jalan Tamansari, Selasa (8/3/2016).

Menurut Hamid, menanggapi terjadinya hal seperti itu, pihaknya langsung mengadakan koordinasi dengan Kementerian Agama dan kepolisian untuk dilakukan pembinaan.

“Ada sekolah yang tidak bisa dicegah dan kena oleh kepolisian waktu itu. Ada beberapa siswa yang diambil oleh kepolisian. Waktu itu kami ubah peraturan ekskul melalui permen untuk ubah hal-hal gitu,” tuturnya.

Lanjut Hamid, paham terorisme bisa masuk melalui bahan-bahan ajar seperti buku pelajaran, termasuk juga dari media.

“Yang tahap kedua ini masih terjadi dan masif, yaitu melalui buku pelajaran dan itu tidak bisa dikontrol sepenuhnya oleh kementerian,” katanya.

“Kami minta pada guru, kepsek dan anak-anak toong bentengi sekolah kita, bentengi diri kalian untuk tidak mencerna apa-apa saja yang masuk ke gadget,” katanya. (Rs)

KOMENTAR