Para Begundal Haus Kekuasaan Harus Segera Hentikan Politisasi Agama di Pilgub DKI

0
loading...

TERASBINTANG.com – Direktur Moderat Muslim Society, Agus Muhammad mengomentari beredarnya spanduk keji dan tak manusiawi berisi larangan menyalatkan jenazah pendukung Pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat pada Pilgub DKI 2017.

Menurutnya, penggunaan sentiman agama dalam pilkada sangat tidak sehat bagi masyarakat dalam pembelajaran berdemokrasi.

“Ini sudah bukan sekadar perbedaan penafsiran terhadap teks suci, tetapi soal bagaimana dampaknya bagi hubungan antarsesama warga,” kata Agus, di Jakarta, Senin (13/3/2017).

Agus mengingatkan, akan berdampak buruk bagi kehidupan sosial masyarakat. Mereka akan terpecah belah dan bermusuhan.

“Saya meminta agar politisasi jenazah dihentikan segera. Hubungan antarwarga bisa renggang, bahkan tegang. Dalam situasi tegang, segala hal bisa terjadi. Hanya butuh pemicu kecil untuk meledakkan konflik,” ujarnya mengingatkan.

Menurutnya, situasi yang terjadi saat ini dapat menghancurkan modal sosial yang sudah kondusif bagi perbedaan dan keragaman. Oleh sebab itu, sudah saatnya berbagai macam bentuk politisasi agama harus dihentikan.

“Memperbaiki kohesi sosial yang retak butuh waktu yang sangat lama. Kalau pun bisa diperbaiki, situasinya tidak akan sama seperti sebelumnya,” ucapnya.

loading...