Pasca Penembakan 4 Warga Sipil di Papua, Ini Langkah Jitu yang Akan Diambil Pemerintah

0

TERASBINTANG.com – Pemerintah berencana melakukan operasi pengamanan di Papua sebagaimana yang sedang dilakukan di Poso, Sulawesi Tengah. Hal ini akan dilakukan menyusul adanya peristiwa penembakan yang menewaskan 4 orang pekerja pembangunan jalan Trans Papua di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

“Kita akan lakukan seperti di Poso. Poso, operasi maju dengan baik,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (15/3).

Luhut menyatakan peristiwa penembakan di Papua wajar saja terjadi. Soalnya, di wilayah Papua masih ada kelompok sipil yang memegang senjata api. “Ya biasa. Karena dia punya senjata,” kata Luhut.

Pemerintah tak akan mengambil langkah dialog dengan kelompok bersenjata di Papua. Yang ada, Luhut atas instruksi Presiden Jokowi akan berkunjung ke Universitas Cenderawasih, Papua, bukan untuk berdialog dengan kelompok bersenjata melainkan menjelaskan program pemerintah untuk pembangunan Papua. (fk)

KOMENTAR