Pelecehan Pancasila oleh Zaskia Gotik, Bukti Pengawasan KPI Mandul

0

TERASBINTANG.com – Kasus dugaan pelecehan terhadap lambang negara Indonesia, Pancasila, oleh penyanyi dangdut, Zaskia Gotik, dalam sebuah acara stasiun televisi swasta nasional dinilai sebagai bukti kemandulan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dalam menjalankan pengawasan. Kasus itu juga membuka mata pubik soal tanggung jawab stasiun dan produser acara televisi, apakah sudah sungguh-sungguh mencerdaskan bangsa.

“Ini adalah bentuk kegagalan stasiun televisi dalam mengemas “bisnis” hiburan,” kata Anggota Komisi I DPR, Agun Gunandjar Sudarsa, Senin (21/3).

Selain itu, kasus Zaskia juga dinilai sebagai bukti kegagalan para penyelenggara negara dalam menjaga nilai-nilai filosofis dan budaya bangsa. “Nation and caracter building, itu yang selalu diingatkan presiden pertama kita (Bung Karno),” ungkapnya.

“Apakah seluruh program dan acara siaran televisi kita, bahkan stasiun radio, surat kabar dan berbagai jejaring media sosial lainnya, sudah sungguh-sungguh menyeleksinya atas program, siaran, hingga menggunakan istilah dan bahasa yang sesuai dengan filosofi, budaya dan tujuan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” lanjut Agun menambahkan.

Ia menambahkan, tidak hanya kasus Zaskia, masih banyak acara-acara lainnya yang “kurang mendidik” dan hanya mengedepankan “bisnis” semata. “Untuk itu, sudah saatnya UU Penyiaran lebih tegas mengaturnya, dan KPI diberdayakan lebih maksimal,” tukas politisi Golkar ini. (fk)

KOMENTAR