Pemahaman 4 Pilar, Alat Ampuh Tumpas Gerakan Radikal

0
TERASBINTANG.com – Anggota DPD-RI Ahmad Syaifullah Malonda, SP meminta pemerintah untuk lebih gencar lagi mensosialisasikan pemahaman 4 pilar berbangsa dan bernegara. Menurutnya, jika pemahaman ini terus ditularkan, maka ia yakin gerakan radikal yang berkembang di masyarakat dengan sendirinya akan tergerus.
“Perlunya peran pemerintah dalam mengembangkan atau meluaskan lagi sosialisasi 4 pilar ini dalam menggerus faham radikalisasi ataupun faham yang bertentangan dengan faham pancasila. Ini bisa dilihat bagaimana faham terorisme yang selalu identik dengan islam yang membuat para tokoh agama gerah, melakukan sosisalisasi secara intensif salah satu cara faham-faham itu bisa ditumpas sampai keakar- akarnya” ujar Syaifullah di sela-sela acara yang diadakan di Desa Mpanau, kecamatan Biromaru, Kabupaten sigi (26/02).
Ia juga menyingnggung soal paham Gafatar yang muncul belakangan ini. Menurutnya, gerakan ini tidak bisa dibiarkan, sebab jelas-jelas punya ambisi untuk membuat negara tandingan. “Dimana faham ini jelas sekali ingin membuat negara tandingan bisa disebut yaitu makar, kita harus secara dini menyadari keterbatasan selama ini dimiliki oleh MPR dalam upaya mensosialisasikan 4 pilar Kebangsaan ke seluruh anak bangsa”, ucapnya.
Selain itu, ia juga berpesan kepada orang tua dalam mendidik anak, khususnya dalam hal agama dan ideologi. “Jangan belajar agama sepotong-potong, nanti jadinya gampang terpengaruhi oleh faham aliran sesat, terorisme, ataupun organisasi yang semuanya itu bertentangan oleh ideologi pancasila,” bebernya.
Begitu juga dengan guru. Menurutnya, guru sangat mempunya peran strategis dalam pengamalan Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bermasyarakat. (fk)

KOMENTAR