Pembubaran HTI Tunggu Hasil Kajian Menko Polhukam

0
loading...

TERASBINTANG.com – Presiden Joko Widodo sudah memerintahkan Menko Polhukam Wiranto mengkaji payung hukum organisasi kemasyarakatan (ormas) yang bertentangan dengan ideologi Pancasila untuk dibubarkan.

“Ya, nanti yang mau dikalkulasi Menko Polhukam, dilihat payung hukumnya. Ditunggu saja,” kata Jokowi di Jagakarsa, Jumat (5/5/2017).

Jokowi mengatakan Menko Polhukam akan mengabil langkah tegas jika ada ormas atau apa pun dan siapa pun yang berusaha mengganggu keamanan negara. Jokowi mempersilakan siapa pun dan organisasi mana pun yang ingin menyuarakan pendapat, tanpa melanggar aturan perundang-undangan.

“Kalau ada gerakan yang berpotensi mengganggu keamanan, itulah yang akan dilakukan oleh Menko Polhukam,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan agar masyarakat tidak menghabiskan energi untuk berbagai hal yang kurang produktif. “Apa akan terus kita ulang-ulang seperti ini? Tidak. Saya sampaikan ini, tidak,” Jokowi menegaskan.

Secara terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Rikwanto mengkonfirmasi hal itu. Menurutnya, pemerintah akan segera menentukan sikap terkait keberadaan Hizbut Tahri Indonesia (HTI).

Rikwanto menjelaskan, wacana pembubaran itu dilakukan lantaran HTI dianggap berupaya mengganti dasar negara Indonesia, Pancasila, dengan negara Khilafah.

loading...