Pemerintah  Pertimbangkan Plastik Kemasan Air Minum Kenai Cukai

0

TERASBINTANG.com – Pemerintah tengah mengkaji pengenaan cukai untuk plastik kemasan air minum untuk menekan dampak negatif plastik terhadap lingkungan. Kajian ini sedang digarap Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan.

“Iya Sedang dikaji. Plastik untuk minuman. Contohnya, untuk minuman botol, cup, kemudian minuman-minuman lain yang kemasannya dari plastik itu,” ujar Kepala Pusat Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara BKF Kementerian Keuangan, Goro Ekanto, Senin (28/3/2016).

Menurut Goro, masih banyak orang yang tak menyadari bahwa plastik itu bahan yang tak mudah terurai di alam karena butuh waktu yang sangat lama. “Kebijakan itu akan mengarahkan perilakunya. Kita kan minum buang, minum buang, padahal itu dampaknya mahal sekali. Zaman sekarang kita perlu aware sama lingkungan. Padahal begitu sungainya macet karena plastik kita marah-marah,” kata Goro.

Lanjut Goro, rencana kebijakan ini perlu dibahas lebih lanjut bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Perindustrian, serta para pemangku kepentingan lainnya. “Kajian dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kita juga minta kajian kementerian Perindustrian, harus juga ke mereka. Minta masukan dari stakeholder yang lain,” tutur (Rs)

KOMENTAR