Pemerintah Siap Perketat Pengawasan Turis Asing

0
loading...

TERASBINTANG.com – Pemberlakuan kebijakan bebas visa terhadap 169 negara terus diiringi dengan mekanisme pengawasan yang memadai. Banyaknya penyalahguna bebas visa yang ditangkap pemerintah belakangan ini adalah bukti nyata pemerintah tak pernah main-main dengan pelanggaran yang dilakukan oleh turis asing seiring dengan pemberlakukan kebijakan tersebut.

kementerian Hukum dan HAM berjanji akan terus melanjutkan komitmen tersebut dengan terus memperbaiki dan memperketat sistem pengawasan arus hilir-mudik turis asing di Indonesia. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menekan ruang bagi para pelanggar kebijakan tersebut.

“Kalau turis yang masuk 9 juta, yang keluar juga harus 9 juta,” kata Yasonna di kantornya, Kamis (29/12).

kebijakan bebas visa, kata Yasonna, sebenarnya tidak ada kaitan dengan tenaga kerja asing. pemberlakuan bebas visa ditujukan untuk meningkatkan volume periwisata Indonesia, bukan untuk mengimpor tenaga kerja asing.

“Ini kan untuk meningkatkan turis di kita. Indonesia sebesar ini masak kalah sama Malaysia,” jelas Yasonna.

Namun, bila ditemukan pelanggaran terhadap kebijakan tersebut, maka pihaknya tidak akan segan-segan menindaktegas.

Sebelumnya, DPR meminta pemerintah untuk meningkatkan pengawasan terhadap tenaga kerja asing di Indonesia. Dorongan ini muncul seiring dengan isu fitnah yang menyebar belakangan tentang 10 juta tenaga kerja asing asal Cina.

“Kami sudah menyerahkan rekomendasi Panja kepada pemerintah yang salah satu poinnya agar pemerintah segera mengevaluasi kebijakan bebas visa,” kata Ketua Komisi ketenagakerjaan DPR Dede Yusuf Macan Effendi. (za)

loading...