Penahanan Anggota Polri di Sudan Akibat Kesalahpahaman

0

TERASBINTANG.com – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul membenarkan 139 anggota polisi ditahan pihak otoritas hukum Sudan. Pasukan perdamain PBB yang tergabung dalam Formed Police Unit (FPU) 8 itu ditahan lantaran dituduh telah berupaya menyelundupkan senjata saat hendak pulang ke Indonesia.

“Ada tuduhan kepada FPU 8 ingin menyelundupkan senjata. Menurut Komandan Satgas FPU 8, AKBP Jhon Huntalhutajulu, itu bukan milik mereka,” kata Martinus di Mabes Polri, Jakarta, Senin (23/1).

Mabes Polri menduga ada kesalahpahaman atas kejadian itu dan berjanji akan segera membantah tuduhan tersebut. Martinus mengatakan, Polri akan mengirim personel ke Sudan untuk mendalami kasus ini. Pihaknya akan berkomunikasi dengan otoritas hukum setempat. Kedubes RI di Sudan juga akan membantu memulangkan para personel Polri.

Martinus juga meluruskan informasi yang beredar bahwa mereka bukan ditangkap, melainkan tertahan sementara. “Saya tegaskan, mereka bukan ditangkap tapi tertahan kepulangannya,” kata Martinus.

Saat ini mereka tinggal sementara di Transit Camp. Sedangkan Garuda Camp yang sebelumnya mereka tempati telah diisi oleh pasukan FPU 9 yang baru tiba dari Indonesia.

loading...