Penetapan Buni Yani Sebagai Tersangka Sudah Sesuai Prosedur Hukum

0

TERASBINTANG.com – Polda Metro Jaya menetapkan Buni Yani sebagai tersangka atas kasus dugaan penyebaran transkrip palsu yang menimbulkan kebencian. Proses penetapan ini sudah sesuai prosedur dan transparansi.

“Alat buktinya sudah cukup. Kita juga enggak sekonyong-konyong langsung tersangkakan. Memang prosedurnya begitu dan tidak ada yang kita langgar,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono di Mapolda Metro Jaya, Kamis (24/11/2016).

Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka kemarin, Rabu (23/11/2016). Keterangan yang ditulis Buni Yani dalam unggahan video pidato Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Facebook menguatkan penetapan status tersebut.

Awi menjelaskan, kalimat tersebut berbunyi: ‘Penistaan terhadap agama? “Bapak-Ibu (pemilih Muslim)… dibohongi Surat Al Maidah 51″… (dan) “masuk neraka (juga Bapak-Ibu) dibodohi”. Kelihatannya akan terjadi sesuatu yang kurang baik dengan video ini.’

Buni Yani dijerat Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE Jo Pasal 45 ayat 2 Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE dengan ancaman pidana penjara paling lama enam tahun dan atau denda Rp1 miliar.

Sumber: Metrotv

KOMENTAR