Pengacara Malik Bawazier Dukung 6 Point Penting RUU terorisme

0

TERASBINTANG.com — Belum lama ini Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, kepada media, menjelaskan 6 point penting terkait RUU Terorisme yang kini sedang digodok secara mendalam oleh pemerintah.

Beberapa point tersebut diantaranya adalah; limit waktu penahanan terduga teroris ditambah dari 6 bulan menjadi 12 bulan, penuntutan tidak hanya kepada perorangan tapi juga kepada korporasi (pembantu teroris), memperluas tindak pidana terorisme hingga ke kegiatan mempersiapkan pemufakatan jahat, pencabutan paspor bagi WNI yang ikut pelatihan militer, rehabilitasi holistik-komprehensif bagi narapidana teroris dan pengawasan pelaku teror.

Menanggapi point-point tersebut, pengacara kondang Malik Bawazier mengaku setuju demi kemaslahatan yang lebih luas. Yaitu pemerintah berkewajiban menjamin keamanan bagi masyarakat.

Malik Bawazier bahkan berharap pengawasan terhadap pelaku teroris ditambah tenggat waktunya untuk memastikan apakah yang bersangkutan sudah insaf atau masih berpotensi mengancam keamanan.

“Bahkan khusus untuk point kelima terkait pengawasan, apabila memungkinkan maka harus ditambah ‘jangka waktu pengawasan’ tersebut,” kata Malik Bawazier kepada Terasbintang.com, Jum’at (29/1).

“Dan menyangkut aspek mekanisme pengawasan juga harus diatur secara detail komprehensif sehingga tidak bertabrakan dengan mekanisme hukum positif (lain) dan Hak Asasi Manusia,” tambah pria yang juga pernah menjadi kuasa hukum Julia Perez alias Jupe.

Malik Bawazier dengan tegas menyatakan kalau dirinya mendukung penuh RUU Terorisme.

“Saya sebagai advokat dan praktisi hukum sangat mendukung RUU Terorisme tersebut. RUU Terorisme harus bisa segera digolkan,” tandasnya. (wa)

loading...