Periksa Sekretaris MA, KPK Telusuri Kasus Suap Pejabat di Internal MA

0
Gedung baru KPK

TERASBINTANG.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menelusuri kasus suap pejabat di internal MA dengan memeriksa Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi terkait kasus dugaan suap penundaan pengiriman salinan putusan kasasi yang melibatkan pejabat internal MA.

“Hanya ingin menjelaskan tugas dan fungsi saja,” kata Nurhadi saat baru tiba di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan Kasubdit Kasasi dan Perdata Khusus MA Andri Tristianto Sutrisna sebagai tersangka.  Ia diduga terlibat kasus suap penundaan pengiriman salinan putusan kasasi, dalam perkara korupsi pembangunan pelabuhan di Nusa Tenggara Barat, tahun 2007-2008 dengan Direktur PT Citra Gading Asritama, Ichsan Suaidi (IS) sebagai terdakwa.

Selain Andri, KPK juga telah menetapkan pengacara Awang Lazuardi Embat dan Ichsan sebagai tersangka.

Sebelumnya, penyidik KPK telah memanggil beberapa orang saksi untuk dimintai keterangan dalam kasus ini. Beberapa di antaranya yakni, Panitera MA Soeroso Ono dan Panitera Muda Pidana Khusus Mahkamah Agung Rocki Pandjaitan.

Selain itu, KPK juga memeriksa Dirjen Badan Peradilan Umum MA Herri Swantoro, Direktur Pranata dan Tata Laksana Perkara Pidana MA Wahyudin, dan Direktur Pranata dan Tata Laksana Perkara Perdata MA Ingan Malem Sitepu. (Rs)

 

KOMENTAR