Peta Kekuatan Calon Ketua Umum Partai Golkar

0

TERASBINTANG.com– Pada Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) dilaksanakan di Bali mulai pada Sabtu (14/5) kemarin akan memunculkan ketua umum baru Partai Golkar pengganti Aburizal Bakrie.

Pertarungan 8 calon ketua umum Partai Golkar terlihat sangat sengit dalam sesi debat kandidat. Siapa yang akan memenangi pertarungan meraih pucuk tertinggi kepemimpinan Partai Golkar ?

Pengamat politik dari PARA Syndicate FS Swantoro menilai, Setya Novanto dan Ade Komarudin merupakan calon terkuat diantara calon yang lainnya.

Setya Novanto dan Ade Komarudin punya jabatan strategis. Ade Komarudin menjabat sebagai Ketua DPR sementara Setya Novanto jadi Ketua Fraksi. Dan pola dalam pemilihan ketua umum Partai Golkar, kata Swantoro, yang terpilih biasanya adalah calon yang memiliki jabatan formal di pemerintahan.

“Ade Komarudin menjabat Ketua DPR, sementara Setya Novanto ketua Fraksi. Jadi kans kedua orang ini 50-50 persen,” kata Swantoro.

Peta calon ketua umum Partai Golkar, Swantoro membaginya ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama adalah Setya Novanto dan Ade Komarudin. Kelompok kedua Airlangga Hartarto dan Priyo Budi Santoso. Dan kelompok ketiga adalah Aziz Syamsudin, Syahrul Yasin Limpo, Indra Bambang Utoyo dan Mahyudin.

Pertarung sebenarnya berada pada kelompok pertama, Setya Novanto dan Ade Komarudin.

Ade Komarudin bisa saja menang lewat kekuatan arus bawah. Sementara Setya Novanto sangat potenaial merebut kursi Ketua Umum karena kekuatan di tingkat elit. Bahkan Novanto disebut-sebut dapat dukungan dari pemerintah.

“Hal itu bisa saja benar karena pemerintah juga butuh orang yang dapat menjaga stabilitas pemerintahan,” katanya.

KOMENTAR

loading...