Polisi Arab-Polri Teken MoU Densus 88 Dapat Jatah Kuota Haji

0

TERASBINTANG.com – Kabag Mitra Ropenmas Divisi Humas Polri Kombes Awi Setiono mengungkapkan Polri dan Kepolisian Arab Saudi meneken nota kesepahaman (MoU) untuk beberapa sektor, termasuk penanggulangan terorisme. Dalam MoU penanggulangan terorisme, Kerajaan Arab Saudi memberikan reward kepada anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror dengan jatah kuota haji lima orang per tahun.

“Setiap tahunnya lima orang dinaikkan haji. Kemudian bagi yang telah gugur tentunya reward ini akan diberikan kepada ahli warisnya. Ahli waris ini turun kepada orang tua korban,” kata dia di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (2/3).

Dia menegaskan bahwa reward hanya berupa haji bukan umrah. Menurut Awi, Densus diberikan reward oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud karena kekagumannya dengan personel lambang burung hantu itu.

Awi menjelaskan, reward ini sebenarnya sudah lama dibicarakan. Yaitu pada kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Komjen Suhardi Alius dan mantan Kadensus 88 Antiteror Brigjen Eddy Hartono menemui Raja Salman di Arab Saudi.

“Ada pembicaraan bahwa beliau (Raja Salman) akan memberikan reward kepada anggota Densus yang telah gugur dan terluka saat melaksanakan tugas. Dan dari data kami ada sekitar 70 personel yang gugur dan mengalami luka,” jelasnya.

loading...