Polisi Bongkar Jaringan Penyelundup Senjata Ilegal

0

TERASBINTANG.com – Penyelundupan senjata ilegal jenis Whatler Dominator 1250 kaliber 5,5 mm asal Amerika Serikat (AS) berhasil digagalkan aparat kepolisian Polres Metro Jakarta Barat.  Pengungkapan senapan ilegal ini berawal dari penyamaran petugas dalam jaringan pasar gelap senjata api.

“Senapan dari Amerika Serikat. Dikirim melalui kapal laut. Dikirim ke teman-teman yang bergabung ke situs (jual beli),” ujar Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, AKBP Andi Adnan, Senin (27/3/2017) malam.

Pengungkapan kasus tersebut dilakukan di Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Rabu (15/3/2017). Saat itu, polisi menyamar sebagai pembeli kepada ASM (28) dan DI (41). Polisi langsung menyita senapan angin tersebut karena tidak dilengkapi surat-surat.

“Meskipun senapan angin, karena​ kaliber 5,5 mm. Perlakuan izinnya harus sama dengan senjata api,” ujar Andi.

Polisi kemudian mengembangkan kasus tersebut dengan menyelidiki informasi dari dua tersangka yang sudah ditangkap yakni ASM dan DI. Setelah pengembangan informasi, ditangkap lagi dua tersangka AF (46) dan HA (46). Mereka adalah penyuplai senjata ilegal tersebut.

Dari tangan AF dan HA, polisi menemukan peluru modifikasi berkaliber 5,5 sebanyak 600 buah dan dua senapan angin lainnya. Namun, peluru tersebut bukan untuk Whatler Dominator 1250.

“Kita sedang melakukan uji laboratorium di Puslabfor Polri untuk mengetahui peluru ini untuk sejata jenis apa,” ujar Andi.

Keempat penyelundup senjata ilegal ini dijerat dengan pasal 1 ayat 1 UU Darurat no 12 tahun 1951 tentang menjualbelikan senjata api. Pelaku dijerat maksimal 20 tahun penjara.

loading...