Polisi Gerebek Pabrik Ciu Rumahan

0
loading...

TERASBINTANG.com – Polres Metro Tangerang Kota menggrebek sebuah pabrik miras (minuman keras) rumahan di Perumahan Duren Villa, Ciledug, Tangerang, Banten. Penggerebekan dilakukan pada Rabu (3/5/2017) malam, polisi menemukan puluhan tong berisi ciu ilegal.

“Saudara Chong Buy Cung (46) telah menjalankan usaha selama kurang lebih 1 tahun,” Kata Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota, Kompol Triyani Handayani.

Menurtnya, Chong meramu beras merah, ragi, dan rempah-rempah menjadi miras jenis ciu di rumahnya. Bahan-bahan itu dimasaknya dengan menggunakan dandang dan tong untuk proses fermentasi.

Chong kemudian membaginya ke dalam botol kecil, botol besar, dan jerigen. Ciu ini dipasarkan ke warung-warung miras dan warung jamu. “Produk ciu jadi ada 12 botol besar, 24 botol kecil, 4 jerigen isi 20 liter, 14 botol kecil ciu angkak, 9 botol besar ciu angkak, 3 toples besar ciu obat,” ujar Triyani.

Saat ini Chong masih diperiksa di Polres Metro Tangerang Kota. Ia akan dikenakan pasal 62 ayat 1 UU Perlidungan Konsumen dengan ancaman pidana lima tahun dan denda maksimal Rp 2 miliar. Dia juga akan dituntut dengan dengan Pasal 142 jo Pasal 91 ayat 1 UU Pangan dengan ancaman pidana dua tahun dan denda Rp 4 miliar, Permendag Nomor 6 tahun 2015 tentang Miras, dan Perda Nomor 7 Tahun 2005 tentang Larangan Peredaran Miras.

loading...