Polisi Jadikan Kasubag Humas MK Tersangka Kasus Pencurian Berkas Sengketa Pilkada

0
loading...

TERASBINTANG.com – Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan Kasubag Humas Mahkamah Konstitusi (MK) Rudi Harianto sebagai tersangka dalam kasus pencurian berkas perkara gugatan hasil Pilkada di MK pada Sabtu (25/3/2017).

“R sudah ditetapkan sebagai Tersangka. Yang bersangkutan dikenakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono, saat dihubungi, Sabtu (25/3/2017).

Argo menuturkan, dari penyidikan dan pengakuan dua satpam MK yang sebelumnya ditangkap, Kasubag Humas MK tersebut diduga sebagai pihak yang memerintahkan untuk mencuri berkas sengketa pilkada.

“Dua tersangka (satpam) sudah ditahan dan sekarang masih terus didalami. Untuk ketiga tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP, ancaman tujuh tahun,” kata Argo.

Saat ini, penyidik masih mendalami kasus pencurian berkas sengketa pilkada MK ini, termasuk mengungkap motif dan otak pelakunya.

Kasus pencurian berkas sengketa pilkada di MK dilaporkan oleh pihak MK ke Polda Metro Jaya pada 9 Maret 2017.

Di antara berkas sengketa pilkada yang hilang adalah berkas Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Tugiya, Takalar (Sulsel) dan Bengkulu. Pencurian berkas tersebut diduga terjadi pada 27 Februari 2017.

loading...