Polisi Tangkap Penipu Uang Rp100 Ribu Bergambar Upin Ipin

0
loading...

TERASBINTANG.com – Kasus uang palsu Rp100 ribu bergambar Upin Ipin yang sempat ramai pada 2013 di Jogja kembali terjadi. Polisi berhasil mengungkap tindak pidana penipuan ini dengan meringkus tiga orang tersangka yakni Wawan Setiawan, Feri, dan Danang.

Ketiga pelaku ditangkap di tiga lokasi berbeda. Wawan di Bogor, Feri di Bandung, dan Danang di Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Kapolsek Pasar Rebo, Kompol Fatimah, mengungkapkan dari penangkapan tersebut petugas berhasil mengamankan uang mainan sekira Rp1,2 miliar dengan gambar Upin dan Ipin dari tangan pelaku.

“Berdasarkan pengakuan pelaku, untuk di wilayah Jakarta Timur jarang, namun sering melakukan di Bogor dan beberapa di luar Jakarta,” ujar Kapolsek Pasar Rebo Kompol Fatimah saat gelar jumpa pers di kantornya, seperti dikutip dari okezone.comJumat (16/12/2016).

Dalam beraksi, para pelaku cukup licik saat melancarkan. Yaitu dengan menyelipkan dua lembar uang asli di atas uang mainan tersebut agar korbannya tak curiga.

“Sehingga saat dianalisis dengan alat sinar ultraviolet, korban diyakinkan itu adalah uang asli, karena di atasnya diselipkan dua uang asli,” papar Fatimah.

Ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 378 dan/atau 372 KUHP dengan ancaman kurungan penjara paling lama lima tahun. Adapun barang bukti yang berhasil diamankan adalah ponsel, mobil, serta empat ikat mainan bergambar Upin dan Ipin.

 

 

loading...