Polri Diminta Hapus Akun Fb Aksi Bunuh Diri

0

TERASBINTANG.com – Pria yang mengaku bernama Indra menggegerkan publik dengan bunuh diri secara live di Facebook. Indra melakukan dua kali Live Facebook. Yang pertama sebagai pengantar bahwa dirinya ditinggal pergi istrinya tanpa alasan apapun, kemudian Video yang kedua menampilkan dirinya nekat bunuh diri.

Kabid Pemenuhan Hak Anak pada Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Reza Indragiri Amriel menyayangkan aksi bunuh diri tersebut. Dia pun menyarankan masyarakat untuk tidak menonton aksi tersebut sebab bisa menularkan masalah.

“Apa yang dilakukan teman-teman pelaku pada saat melakukan aksi tersebut? Jangan-jangan ini wujud bystander effect, yakni semakin banyak orang melihat kejadian tragis, kian rendah kecenderungan orang untuk menolong,” kata Reza, Sabtu (18/3/2017).

Reza menyarankan masyarakat tidak menonton aksi-aksi tersebut karena bisa mendorong copycat suicide, yaitu orang yang mengakhiri hidupnya bukan karena depresi kronis, tapi karena kurang wawasan dan terinspirasi oleh aksi yang pernah ditonton sebelumnya (peniruan)‎.

“Demi kepentingan umum, saya berharap polisi bisa menutup akun tersebut. Berkat medsos, kelakuan ini bisa sangat mudah menular (suicide contagion),” tegasnya.

“Kita boleh bersedih, merasa kehilangan. Namun demi kepentingan bersama, pesan yang harus kita garis bawahi adalah aksi tersebut salah besar! Salah! Salah! Jangan ditiru! Bukan menyelesaikan masalah justru memperlebar dan menularkan masalah,” pungkasnya.

loading...