Polri Imbau Buruh Tak Demo 212

0
Kadiv Humas Polri, Boy Rafli Amar

TERASBINTANG.com – Polri berharap tidak menggelar demo pada 2 Desember mendatang. Pasalnya, pada saat itu sedang dilaksanakan kegiatan aksi super damai atau aksi bela islam jilid III yang dilakukan GNPF MUI di Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

Diketahui ribuan buruh yang rencananya bakal turun ke jalan pada Jumat pekan ini.

Mereka bahkan berencana menggelar aksi mogok nasional di 20 provinsi dan 250 kabupaten atau kota.

“Kalau ada agenda dari rekan serikat kerja, info awal KSPI ada demo, semoga ada pengertian, pemahaman (untuk tidak demo pada 2 Desember),” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (29/11).

Pada dasarnya, kata dia, demo yang dilakukan oleh serikat pekerja adalah menuntut hak-hak buruh. Dengan begitu, diharapkan penyampaian aspirasi para pekerja ditunda di lain waktu.

“Kalau agenda beda, disarankan nggak dilakukan hari yang sama. Mohon perhatian, koordinasikan agar bisa dilakukan di waktu berikutnya,” tutur dia.
Semula, aksi demo buruh ini bakal dilakukan pada Jumat 25 November kemarin.

Namun rencana itu batal dan akan dilakukan seminggu kemudian atau tepatnya Jumat 2 Desember mendatang.

Boy mengakui, Polri tidak bisa melarang aksi demo selama tidak melanggar aturan.
Kendati begitu, ia tetap berharap agar aksi demo buruh tidak dilakukan bersamaan dengan aksi super damai berupa zikir dan doa bersama di Monas Jumat mendatang.

“Kan (rencana demo) tanggal 25 diundur, dibatalkan. Mudah-mudahan kemunduran bukan tanggal 2 Desember. Ini bukan larangan, tapi imbauan agar hikmat,” ucap Boy.

KOMENTAR