Polri Tegaskan Penangkapan Sri Bintang Bukan Hanya Karena Surat

0
loading...

TERASBINTANG.com – Polri menegaskan penangkapan Sri Bintang Pamungkas terkait dugaan makar bukan hanya karena pengiriman surat ke MPR yang meminta pencabutan mandat Jokowi-Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Hal ini disampaikan menanggapi klaim pihak Sri Bintang yang menyebut penangkapan pada 2 Desember lalu itu terkait dengan surat yang dikirim ke MPR.

“Kalau kita lihat surat  itu bagian dari beberapa kegiatan yang dilakukan, itu bagian kecil dari upaya indikasi yang ada. Yang lain apa itu bagi penyidik menyimpang,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, Selasa (6/12) 2016.

Dijelaskan Martinus, sebuah perbuatan dikategorikan makar harus didahului dengan adanya permufakatan jahat. Hal itu diatur dalam pasal 110 dan kemudian dijelaskan pasal 87 yaitu permufakatan jahat untuk menggulingkan pemerintah, memisahkan diri dan pemberotankan dengan jahat itu harus didahului dengan permufakatan jahat.

“Nah, di dalam itu caranya dengan apa? Dengan menduduki gedung DPR RI kemudian memaksa sidang istimewa untuk menjatuhkan pemerintah yang ada,” ujarnya.

loading...