Presiden Jokowi: KTT OKI Ini Cerminan Dukungan Kami untuk Palestina

0

TERASBINTANG.com –  Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa KTT Luar Biasa ke-5 Organisasi Kerjasama Islam (OKI) harus bisa menelurkan hasil yang mampu menyelesaikan masalah Palestina. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa terselenggaranya OKI di Jakarta adalah bentuk dukungan Indonesia terhadap Palestina.

“KTT ini merupakan cerminan dukungan kami untuk penyelesaian Palestina yang sudah semestinya dan menghasilkan kemerdekaan bagi Palestina,” kata Presiden saat membuka jamuan makan malam dengan para pimpinan negara yang tergabung dalam OKI, Minggu (6/3/2016) malam.

Menurut Jokowi, menjadi tuan rumah bagi konferensi OKI adalah kebanggan tersendiri sebagi. Karena itu, Jokowi mengajak kepada seluruh anggota OKI untuk bersama-sama mengerahkan kemampuan dalam mengupayakan penyelesaian Palestina.

“Merupakan suatu kebanggan bagi Indonesia dimintai sebagai tuan rumah KTT LB OKI membahas Palestina,” imbuhnya.

Seperti diketahui, KTT Luar Biasa ke-5 OKI seharusnya diselenggarakan di Maroko selaku Ketua Komite Al-Quds pada bulan Januari 2016. Namun Maroko menyatakan tidak sanggup untuk menjadi tuan rumah KTT Luar Biasa OKI.

Sementara permintaan untuk menggelar KTT Luar Biasa OKI datang dari Presiden Palestina. Setelah Maroko tidak sanggung maka Menteri Luar Negeri Palestina dan Sekjen OKI pada Desember 2015 menyampaikan permintaan kepada Indonesia melalui Menteri Luar Negeri RI untuk menjadi tuan rumah KTT Luar Biasa OKI ke-5. (SUM)

KOMENTAR

loading...