Program “Polwanku Sahabatku” Dinilai Ampuh Stop Tawuran Antar Pelajar

0
loading...

TERASBINTANG.com – Dishub Pemprov DKI (Unit Pengelola Bus Sekolah) dan Ditlantas Polda Metro Jaya, menjalin kerjasama untuk mengatasi maraknya tawuran dan berbagai masalah keamanan di kalangan pelajar. Kerjasama keduanya memunculkan terobosan baru yang ramah, edukatif dan bersahabat, yaitu program “Polwanku Sahabatku”. Program ini dikemas dengan menghadirkan polisi wanita (Polwan) di dalam bus sekolah.

Wadirlantas Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Indra Jafar, mengatakan, program sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan rasa aman bagi kalangan pelajar sekolah. Melalui program yang dinilai efektif ini, lanjut dia, diharapkan pelajar akan belajar tertib berlalu lintas sejak dini.

“Dalam program ini, sejumlah Polwan akan mengampanyekan keselamatan lalu lintas di dalam bus sekolah,” kata AKBP Indra Jafar, dalam acara rutin sosialisasi Polwanku Sahabatku dalam kegiatan car free day (CFD), di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (7/5)..

Mengatasi Tawuran

Kadishub Pemprov DKI Jakarta, Andriansyah, mengatakan, keberadaan polwan di bus sekolah sangat membantu dalam menjaga keamanan dan kenyamanan, baik bagi pengendara bus maupun penggunanya. Dengan hadirnya polwan di dalam bus, lanjut dia, mampu mengurangi rencana tawuran antar pelajar.

“Selain gratis, bus sekolah juga dilengkapi AC, free WIFI dan kedepannya akan dilengkapi CCTV. Dengan demikian, setiap orang tua dapat langsung memantau anak-anaknya,” kata Andriansyah

Menurutnya, bus sekolah yang ada saat ini baru tersedia 140 unit bus sekolah dan masih dirasakan kurang sekali karena tidak berimbang dengan persentase penduduk.

“Semoga pihak Pemda dapat menambah kuota bus sekolah ini. Paling tidak, penambahannya sekitar 50 unit bus lagi lah,” tambah Andriansyah.

Acara sosialisasi kerjasama Ditlantas Polda Metro Jaya dan Dishub Pemprov DKI ini, selanjutnya akan dilaksanakan sekali setiap bulan, dengan menghadirkan rangkaian kegiatan hiburan dari internal Ditlantas Polda Metro Jaya antara lain Senam bersama, Rampak Kendang, Polwan Sepatu Roda, Cakra Metro Voice dan KNI.

loading...