Puluhan Tahun Mengabdi di Dunia Pendidikan, I Wayan Sukla Arnata Dapat Penghargaan

0

TERASBINTANG.com — Dr. I Wayan Sukla Arnata, SH, MH, merupakan pendiri lembaga pendidikan sekolah dari tingkat TK, SD, SLTP, SMK Pariwisata, Kesehatan dan Perguruan Tinggi DIPLOMA Kepariwisataan yang berlokasi seluruh kabupaten kota Bali.

Sejumlah lembaga pendidikan berbagai jenjang itu bernaung di bawah Yayasan Gajah Wahana sejak tahun 90-an sampai sekarang. Setidaknya sudah 25 tahun I Wayan Sukla Arnata mengabdikan diri untuk dunia pendidikan.

I Wayan Sukla Arnata merupakan salah satu tokoh pendidikan di Bali yang sudah puluhan tahun mengabdikan diri untuk dunia pendidikan. I wayan tokoh pendidikan Bali

Kisah hidup I Wayan Sukla Arnata dimulai dari dia jadi seorang guru PNS. Namun dalam perjalanannya, I Wayan Sukla Arnata memutuskan untuk keluar jadi PNS dan membuka sekolah sendiri khusus untuk anak-anak miskin, anak korban hancurnya rumah tangga (broken home) dan anak-anak terlantar. Mereka semua disekolahkan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

I Wayan Sukla Arnata merasa terpanggil untuk menyekolahkan anak putus sekolah, dari tingkat SD hingga SMA/SMK bahkan perguruan tinggi tiada lain untuk memberi kesempatan yang sama kepada mereka buat meraih masa depan gemilang.

“Tak hanya diberikan akses ke dunia pendidikan, mereka juga saya carikan pekerjaan setelah lulus,” katanya dalam wawancara di Hotel Gren Alia Cikini, Jakarta, belum lama ini.

Jika sudah mandiri, I Wayan Sukla Arnata tidak mengekang harus kembali ke dunia pendidikan yang dibinanya. Mereka boleh kembali ke orang tua kandungnya atau tetap membantu dan mengabdi di Yayasan Gajah Wahana yang dikelola I Wayan Sukla Arnata.

“Jika ditanya sudah berapa anak asuh yang lulus dan kerja kayaknya sudah tak terhitung jumlahnya. Sekarang masih ada 100 anak lebih yang mereka anak-anak dari keluarga miskin, anak jalanan, anak terlantar dan juga anak korban broken home yang masih aktif sekolah,” ujarnya.

Tak hanya tenaga dan pikiran yang disumbangkan I Wayan Sukla Arnata. Dia bahkan rela mengalokasikan sebagian harta miliknya demi keberlangsungan lembaga pendidikan gratis yang dibinanya.IMG-20160724-WA0023

“Harta itu kan kemilikan semu titipan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ada hak orang miskin dan orang yang membutuhkan uluran tangan untuk kita bantu,” kata I Wayan Sukla Arnata mengungkap alasan kenala menggratiska n lembaga pendidikannya untuk anak-anak miskin.

Tertegun akan pengabdian I Wayan Arnata di dunia pendidikan, rencananya Komisi Nasional Perlindungan Anak aka. menyambangi yayasan yang didirikan oleh I Wayan Sukla Arnata dalam beberapa waktu mendatang. Katanya Wayan Sukla akan dikasih penghatgaan atas dedikasinya selama ini di dunia pendidikan.

“Katanya dari Komisi Nasional Perlindungan Anak akan berkunjung ke yayasan kami. Katanya mau memberikan apresiasi dan penghargaan atas karena telah menyelamatkan hak anak putus sekolah,” ucapnya.

Berkaitan dengan Hari Anak Nasional, I Wayan Arnata berharap masyarakat semakin sadar dan lebih peduli terhadap pendidikan anak. Tidak hanya pendidikan formal mereka, tetapi juga menciptakan lingkungan ramah anak.

“Harapannya kita semua sayang anak, membuat lingkungan ramah anak, kota layak anak, dan sekolah ramah anak. Dengan demikian kasus kekerasan anak akan semakin terkikis dengan sendirinya,” tutupnya.

KOMENTAR