Punya Agenda Politik Sendiri, Keterangan Ahli Rizieq Shihab Seharusnya Diblokir

0

TERASBINTANG.com – Praktisi Hukum Risha S. Halim menilai Imam Besar FPI Rizieq Shihab seharusnya didiskualifikasi dari daftar saksi ahli dalam kasus dugaan penodaan agama oleh Bareskrim Polri. Pasalnya, Rizieq merupakan salah satu pelapor kasus ini yang memang punya agenda dan kepentingan politik sendiri.

Bahkan beberapa kali Rizieq membuat pernyataan terbuka bahwa Ahok pantas dihukum karena telah menista Islam.

Menurut Risha, dalam praktik peradilan seorang ahli yang didengar keterangannya adalah seseorang yang tidak memiliki konflik kepentingan baik dalam posisi untuk kepentingan Pelapor maupun untuk kepentingan Terlapor.

“Sikap penyelidik Bareskrim yang mengakomodir keinginan Habib Rizieq sebagai ahli dalam perkara ini patut dipertanyakan independensi dan netralitasnya, karena secara hukum Rizieq sudah tidak bisa bertindak obyektif ketika memberikan pendapat sebagai ahli sehingga membawa implikasi hukum berupa keterangannya menjadi gugur demi hukum,” terang Risha yang merupakan advokat Peradi itu.

Menurutnya, keterangan Rizieq tersebut bisa jadi noda hitam bila dijadikan salah satu bagian penilaian dalam memutuskan perkara tersebut. (za)

KOMENTAR

loading...