Putusan MA Dinilai Bisa Menghambat Konsolidasi Partai Beringin

0
TERASBINTANG.com — Politikus senior Partai Golkar, Zaenal Bintang, menyayangkan putusan Mahkamah Agung (MA) yang telah mengesahkan Golkar hasil Munas Bali pimpinan Aburizal Bakrie (Ical).
Menurutnya, putusan tersebut jelas akan menggannggu rencana konsolidasi partai beringin. Karena Ical akan memanfaatkan putusan MA sebagai dasar pijakan untuk menjalankan roda organisasi.
“Saya membaca, Kubu aburizal akan berpegang di atas dasar hasil Munas Bali. Karena putusan MA kan lebih tinggi dari SK Menkumham,” jelasnya, Minggu (6/3) malam.Zaenal menjelaskan, kalau Munas Bali yang dipakai, rencana pelaksanaan Munas akan panjang lagi. Kubu Ical akan beralasan, pelaksanaan Munas itu harus sesuai AD/ART yang merupakan konstitusi partai. Istilah yang digunakannya bukan Munas biasa tapi Munaslub.

Berdasarkan AD/ART itu, Munaslub bisa digelar jika dalam keadaan genting dan diminta oleh 2/3 DPD I. “Di sinilah Ical di atas angin. Sebab, DPD-DPD I saat ini adalah loyalis Ical. Mereka tentu akan menolak pelaksanaan Munaslub dengan alasan tidak ada yang genting,” jelas Zaenal.

Namun, Ical diyakini akan kembali turun tangan meyakinkan DPD-DPD I agar tidak terkesan konfrentatif ke pemerintah.

Yang jelas, tambah Zaenal, karena Munaslub nanti diselenggarakan oleh Munas Bali dan dengan peserta DPD-DPD yang loyal ke Ical, hasilnya pun sudah bisa terbaca. “Bisa saja DPD-DPD dan pemilik suara mempertahankan Ical sebagai ketua umum. Kalau hal ini sampai terjadi, putusan MA kemarin jadi bumerang bagi rekonsiliasi internal Golkar,” tutupnya. (fk)

KOMENTAR

loading...