Ratusan Orang Tandatangani Petisi “Hentikan Hoax di Medsos”

0
loading...

TERASBINTANG.com – Sebuah petisi muncul melalui situs Change.org yang meminta Polri untuk menangani secara serius penyebaran berita hoax di media sosial yang selama ini kerap meresahkan masyarakat.

“Terus terang kami lelah, muak, resah sekaligus hampir tidak berdaya menerima bombardir berita-berita berisi ejekan, hasutan, hinaan provokasi dan fitnah yang semakin sering tersebar melalui jaringan media sosial.  Media sosial yang seharusnya menjadi “perekat” sosial antar individu/kelompok, sekarang malah sebaliknya,” tulis penggagas petisi tersebut, Mohammad Najib.

Menurutnya, pengguna sosial media saat ini sangat mudah melakukan kejahatan dengan cara menyebar berita bohong dengan motif ekonomi, politik, agama atau apa pun.

“Dengan dukungan Cyber Army (berbayar atau tidak), daya sebar hoax semakin tak terbendung.  Kami sangat khawatir akan dampak yang bisa ditimbulkan dari kekacauan ini,” lanjutnya.

POLRI dan Facebook harus bekerjasama dan lebih serius menangani “kejahatan” di sosial media.  Polisi harus lebih tegas menindak para pelaku penyebar hoax. Kami yakin, pelakunya tidak banyak dan dengan kemampuan teknologi, POLRI pasti bisa mendeteksi mereka.

“Kami juga menuntut tanggungjawab moral Anda, pak Mark Zuckerberg (Facebook) dan Ibu Sri Widowati (Country Director Facebook Indonesia).  88 juta orang di Indonesia pengguna Facebook, dan mereka lah menjadi sasaran utama para penyebar hoax.  Facebook harus memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap untuk mendeteksi sampai dengan melaporkan berita hoax,” tulisnya.

Petisi yang baru saja dibuat ini sudah mendapatkan ratusan tandatangan penggunan media sosial.

 

loading...