Ray Rangkuti: Dinasti Politik Adalah Penyakit dalam Demokrasi

0

TERASBINTANG.com – Wacana dinasti politik menjelang Pilkada nanti kembali menguat. Pasalnya, masih banyak calon yang maju dalam Pilkada yang merupakan simbol dan representasi dari dinasti politik itu.

Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti mengatakan, dinasti politik adalah penyakit yang sangat nyata dalam demokrasi kita.

Hal tersebut disampaikan . Dalam diskusi ‘Lawan Korupsi Tolak Dinasti Politik’ Ray menyebutkan dinasti politik adalah penyakit demokrasi yang belum sembuh semenjak reformasi.

“Demokrasi ini sudah tuntas, hanya tinggal prosesnya, penyakit kita tinggal dua penyakitnya. Praktik, kultur politik yang enggak berubah adanya dinasti politik. Kedua, korupsi yang terus menambah,” kata Ray Rangkuti pada diskusi publik di UIN Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Selasa (20/12/2016).

Menurut Ray, korupsi dan dinasti politik punya hubungan yang sangat tipis. Dia mengatakan, sebuah daerah tidak maju jika sebuah daerah dipimpin kepala daerah dari kelompok dinasti politik.

“Hampir semua yang mengidap penyakit dinasti politik itu nggak akan lepas dari korupsi,” jelasnya.

Dia menjelaskan dinasti politik menghambat regenerasi perkembangan suatu daerah karena hanya bertumpu pada satu kelompok. Kemudian, Ray mencontohkan lima daerah yang disebut maju karena tidak terlibat dinasti politik.

loading...