Riza Villano: Pendapatan Asli Daerah Harus Bermanfaat Bagi Warga DKI

0

TERASBINTANG.co – Bakal calon gubernur DKI, Riza Villano memaparkan bagaimana menjadikan Kota Jakarta terbebas dalam kemacetan, banjir, ekonomi, budaya, pendidikan dan kesehatan. Karena selama ini persoalan tersebut masih belum teratasi, meski disadarinya kalau pekerjaan ini tidak mudah.

Menurut Riza, pendapatan Asli Daerah yang sebesar Rp. 40.355.853.087.978 bisa dimanfaatkan semua untuk kepentingan masyarakat Jakarta jika dia terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta nanti di Periode 2017-2022.

“Jakarta ini memiliki Pendapatan Asli Daerah sekitar kurang lebih Rp. 40 triliun. Oleh karena itu seharusnya dana tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat Jakarta,” ungkapnya kepada media.

Penanganan kemacetan diprioritaskan Riza dalam programnya. Dengan menganggarkan sekitar kurang lebih Rp 135 miliar, Riza membuat program satu arah. Dia pun akan mengadakan sayembara bagi kelompok, lembaga, perorangan yang bisa memenangkan skema program Jakarta satu arah. Selain itu juga akan dibuiat marka jalan dan fasilitas lainnya serta mengadakan sosialisasi penertiban.

“Pertama saya akan lakukan untuk menanggulangi kemacetan. Kemudian saya juga akan menanggulangi banjir. Saya akan menganggarkan dalam penanganan banjir ini sekitar Rp 2 triliun. Setelah itu baru kebersihan, ekonomi rakyat,” lanjutnya.

Riza menegaskan bahwa dirinya akan mengelompokkan masing-masing anggaran dengan pembagian yang sesuai dengan kebutuhan. Perbaikan ekonomi masyarakat juga merupakan hal yang penting, karena jika ekonomi Jakarta berjalan normal, maka tingkat keamanan dan ketenangan masyarakat Jakarta bisa terwujud.

“Untuk ekonomi masyarakat ini, saya akan buat toko yang nantinya ditata dengan rapi. Terlebih lagi di tempat taman, nanti akan saya bikin tempat untuk berjualan. Alasan saya saya buat adalah karena untuk tempat santai seperti taman harus ada tempat orang berjualan, sehingga para pengunjung yang ingin santai dan memerlukan makanan atau minuman tidak jauh untuk mendapatkannya. Untuk penjualpun kami akan gratiskan tetapi mereka juga harus menjualnya jangan mahal,” ujar Riza.

Lebih lanjut, Riza akan menyediakan tempat gelanggang olah raga, puskesmas yang lengkap dengan bedah ringan serta pembangunan tempat seni budaya di lima tempat. Untuk tempat pertunjukan para seniman atau yang punya bakat cukup daftar dan nanti untuk hasil penjualan tiket bisa saling kerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta dengan bagi hasil.

“Para pelaku seni yang ingin mengadakan pertunjukan tentu saja kita berikan kesempatan dengan cara mendaftar terlebih dulu dan untuk hasil penjualan tiket nantinya bisa dengan sistem pembagian keuntungan dan nantinya untuk pengembangan tempat pertunjukan lainnya di Jakarta. Dan saya sekarang juga sudah sah menjadi kader PDI Perjuangan karena saya sudah terdaftar sebagai anggota,” tutup Riza.

KOMENTAR