Saran Busyro: Sidang MKD Digelar Terbuka dan Libatkan KPK

0

TERASBINTANG.com – Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqoddas, menyarankan agar sidang etik Mahkamah Kehormatan Dewan terhadap Ketua DPR Setya Novanto melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan digelar secara terbuka.

“Bagus juga dipertimbangkan oleh MKD, unsur yang di dalam itu bukan hanya DPR, tetapi seperti KPK, ada komisi etik, ada 3 dari KPK dan 2 dari luar,” ujar Busyro di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (24/11/2015).

Menurut Busyro, alangkah baiknya jika sidang etik digelar secara terbuka, apalagi melibatkan pihak di luar DPR, maka MKD dengan sendirinya akan mendongkrak reputasinya di mata publik.

“Ini kan langkah DPR yang bisa mempertegas legitimasinya sehingga diharapkan MKD dapat berjalan secara fair,” kata Busyro.

Banyak kalangan mendesak agar sidang etik terhadap Setya digelar terbuka untuk menjamin berlangsungnya prinsip keterbukaan dan akuntabilitas serta mengembalikan kepercayaan publik terhadap DPR.

Perlu diketahui, sejauh ini, MKD tengah mempertimbangkan untuk menggelar sidang atas laporan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said, yang menyebut Setya bersama pengusaha minyak M Riza Chalid menemui Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin sebanyak tiga kali. (Rs)

loading...