SBY Sampaikan Saran Panjang Lebar, Jawaban Jokowi Sungguh Mencengangkan

0

TERASBINTANG.com – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menulis artikel serius di salah satu media massa yang berjudul “Pulihkan Kedamaian dan Persatuan Kita”. Artikel tersebut memang sengaja dibuat khusus untuk dipersembahkan kepada Presiden Joko Widodo untuk mendinginkan politik yang tengah memanas.

Salah satu saran yang diberikan SBY adalah Presiden Jokowi harus menemui tokoh-tokoh atau organisasi politik yang berseberangan dengan pemerintahannya. Menurut SBY, para tokoh atau organisasi yang berseberangan jangan ditakuti-takuti, tetapi dirangkul agar tidak bertindak berlebihan.

Saran yang lain, mencegah para pembantu Presiden untuk membuat panggung politiknya sendiri. SBY berkata, jangan sampai para pembantu Presiden mengambil keuntungan dari situasi politik yang memanas demi kepentingan pribadi atau partai. Sebaiknya, menurut SBY, semua pembantu satu sikap dengan Presiden.

Lalu apa tanggapan Jokowi?

Jawaban Jokowi sungguh sangat mengejutkan dan munkin bakal membuat SBY baper untuk yang ke sekian kalinya. Di hadapan wartawan, Presiden mengaku tidak membaca artikel panjang lebar tersebut.

“Enggak,” ujar Presiden Joko Widodo pelan sambil menggelengkan kepala di Istana Kepresidenan, Selasa, 29 November 2016.

Tak ada komentar lebih lanjut mengenai artikel SBY tersebut. Bisa jadi respon Jokowi ini adalah sebentuk rasa kesal karena dia tahu siapa SBY dan siapa sebenarnya yang bikin gaduh suasana politik. Namun ia mengatakan bahwa semua masukan dari tokoh atau partai politik pasti akan dia catat. “Semua dicatat, dikomunikasikan,” ujar Presiden.

KOMENTAR