Sejumlah Pemimpin Dunia Bakal Hadiri Pemakaman Muhammad Ali

0

TERASBINTANG.com — Pada Jumat mendatang sekitar pukul 09.00 waktu Amerika, peti jenazah Muhammad Ali akan diambil untuk diarak dalam prosesi melintasi jalan-jalan di Louisville yang adalah tempat bersejarah bagi Muhammad Ali. Prosesi ini akan berlanjut ke sebuah arena olahraga, The KFC Yum! Center, pada pukul 14.00.

Mantan juara tinju kelas berat Lennox Lewis dan aktor Will Smith direncanakan akan menjadi pengusung peti jenazah. Sebuah kehormatan besar bagi mereka bisa terlibat dalam prosesi penghormatan terakhir untuk leganda tinju legendaris tersebut.

Jenazah Ali akan dimakamkan dalam upacara tertutup di kompleks pemakaman di kota itu, Cave Hill Cemetery. Sejumlah pemimpin dunia bakal hadir dalam prosesi pemakaman dan penghormatan terakhir untuk Ali pada Jumat besok. Mereka adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Jordan, Abdullah.

Mantan Presiden AS Bill Clinton dan aktor Billy Crystal diminta untuk menyampaikan sambutannya dalam prosesi pemakaman Muhammad Ali. Namun sayang Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarga tidak bisa hadir karena harus datang ke acara wisuda SMA putri mereka, Malia.

Sekalipun tidak bisa hadir, Presiden Obama akan mengirimkan sebuah surat untuk keluarga Muhammad Ali yang diantar oleh Penasihat Senior Gedung Putih Valerie Jarrett. Sejak masih hidup, Muhammad Ali memang mengenal Valerie Jarrett.

Kamis besok, prosesi penghormatan untuk Muhammad Ali akan digelar di sebuah hall berkapasitas 18.000 pengunjung, Freedom Hall. Di tempat itu, Ali memenangi gelar juara tinju profesional pertama pada tahun 1960.

KOMENTAR