Sidang Ahok, AJI Minta Media Tak Kejar Rating

0

TERASBINTANG.com — Banyak media tertarik menyiarkan sidang Ahok secara live. Namun Aliansi Jurnalis Independen (AJI) meminta semua media bersikap bijak dalam menyiarkan sidang Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait kasus dugaan penistaan agama.

Meski rating dan share sidang Ahok menggiurkan karena telah menjadi perhatian publik, AJI meminta media tidak berorientasi pada semata kalkulasi bisnis.

“AJI meminta media untuk bijak dalam menyiarkan sidang kasus bernuansa SARA mengingat dampak kasus ini sangat besar,” kata Ketua Umum AJI, Suwarjono, dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/12/2016).

Menyiarkan jalannya persidangan secara langsung memang akan memberi informasi ke publik, tidak melanggar kebebasan pers. Akan tetapi Suwarjono juga mengingatkan media punya tanggungjawab lain menjaga kepentingan yang lebih besar yaitu dampak positif dan negatif dari suatu pemberitaan. 

“Karena itu penting bagi media untuk mempertimbangkan dampak positif atau negatifnya. Untuk isu SARA, saya berharap media tidak mengejar rating atau jumlah penonton, bisnis atau untuk memenuhi keinginan politik yang berperkara. Namun juga mempertimbangkan efek yang muncul akibat pemberitaan,” katanya.

Dalam kerangka kemerdekaan pers, kata Suwarjono, wartawan Indonesia juga mengemban tugas dan tanggung jawab kepentingan bangsa, tanggung jawab sosial, keberagaman masyarakat, dan norma-norma agama.

loading...