Ini Sikap Setara Institute Soal Rencana Gelar Perkara Terbuka Kasus Ahok

0

TERASBINTANG.com – Setara Institute memberikan sikap terkait rencana gelar perkara kasus Ahok ayang akan dlakukan secara terbuka. Menurut Setara, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan bila hal ini terpaksa harus dilakukan. Selama yang dilibatkan adalah unsur-unsur yang relevan, tidak masalah, tapi bila mengundang unsur-unsur yang tidak berkaitan secara langsung, sebaiknya dihindari.

“Satu hal yg harus dipastikan adalah bahwa gelar perkara hanya melibatkan unsur-unsur yang relevan: pelapor, terlapor, penyidik, dan bagian pengawasan penyidik (Wasidik) Polri. Rencana pelibatan anggota Komisi III DPR yg juga akan dilibatkan dalam gelar perkara adalah kekeliruan,” demikian bunyi siaran pers yang diterima redaksi.

Menurut Setara, Komisi III bukan penyidik dan bukan penegak hukum. Jadi sama sekali tidak ada relevansinya dengan kerja-kerja penyidikan.

Hal lain yang harus dihindari adalah rencana pembentukan Tim Pengawas Kasus. Menurutnya, langkah tersebut adalah langkah off side, karena fungsi pengawasan DPR adalah mengawasi pemerintahan dalam menjalankan perintah UU bukan mengawasi kasus secara spesifik.

“Keterlibatan Komisi III DPR hanya akan mengundang potensi politisasi lebih jauh dan mengikis independensi penyidik.”

Meski begitu, Setara Institute setuju dengan gelar perkara terbuka melibatkan pihak-pihak berkepentingan agar ada transparansi dari masalah ini.

 

KOMENTAR