Silaturahmi Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Jokowi Bicara soal Pemerataan Ekonomi

0
loading...

TERASBINTANG –– Presiden Joko Widodo mengundang para pimpinan lembaga tinggi negara di Istana Merdeka, hari ini, Selasa (14/3). Digelar dalam bentuk silaturahmi, Jokowi membahas soal pengurangan kesenjangan sosial dan pemerataan ekonomi.

Dalam pernyataan persnya, Jokowi mengatakan, pemerintah dan pimpinan lembaga tinggi negara berdialog tentang langkah kongkret yang sudah dan masih akan dilaksanakan oleh pemerintah demi mewujudkan pemerataan dan pengurangan kesenjangan itu.

“Ini akan kita tindak lanjuti dengan redistribusi aset dan reforma agraria yang diharapkan mengurangi kesenjangan (sosial ekonomi) yang ada di masyarakat,” katanya.

Terutama soal pembagian konsesi lahan, kata Jokowi, ini langkah yang perlu mendapat dukungan semua pihak. Rencananya, pembagian konsesi itu akan diberikan kepada petani, masyarakat adat, koperasi hingga pondok pesantren.

“Sehingga nantinya rakyat bisa memiliki agunan dalam rangka mengakses ke permodalan di perbankan,” tuturnya.

Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan telah menyiapkan lahan seluas 12,7 juta hektare untuk dibagikan konsesinya.

Adapun, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Negara telah menyiapkan lahan seluas 9 juta hektare untuk juga dibagi-bagi konsesinya. (SU)

loading...