Soal Pembubaran HTI, Ini Kata Mendagri

0
loading...

TERASBINTANG.com – Desakan pembubaram ormas anti Pancasila Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) terus menguat. Sejumlah kegiatan yang diiniasi oleh HTI di berbagai daerah ditolak oleh masyarakat setempat. Salah satu kegiatan yang ramai menjadi sorotan publik baru-baru ini adalah International Khilafah Forum.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan saat ini pemerintah di bawah kendali Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto membentuk tim khusus untuk melihat organisasi masyarakat (ormas) yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Jika nanti, kata Tjahjo, ditemukan bukti dan fakta penyimpangan gerakan HTI, maka tidak menutup kemungkinan, ormas tersebut akan segera dibubarkan.

“Kalau jelas fakta dan buktinya (bisa dibubarkan). Semua sudah marah loh, semua sudah minta segera ditertibkan,” kata Tjahjo di Istana Wakil Presiden, Rabu (4/5/2017).

Saat ditanya sejauh mana proses tersebut berjalan di Kemenko Polhukam, politikus PDI Perjuangan ini hanya menjawab secara diplomatis. “Tunggu saja tanggal mainnya,” ujar Tjahjo.

Tjahjo  juga mengaku bahwa pemerintah enggan membuka dialog dengan HTI. Sebab ia menyebut dialog itu sudah pernah dilakukan oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin.

“Sudah ketemu dengan Menteri Agama kok. Setelah itu enggak ada lagi dialog lanjutan. Cukup sama Menteri Agama saja,” kata dia.

loading...