Survei: 80,30 Persen Warga DKI akan Pilih Calon Gubernur yang Diusung Partai Politik

0

TERASBINTANG.com – Fenomena calon independen yang mewarnai pemilihan gubernur DKI 2017 membuat Emrus Corner melakukan survei. Hasilnya, ternyata warga DKI lebih banyak yang akan memilih pasangan calon yang diusung partai politik ketimbang calon dari jalur independen.

“Ketika ditanya calon dari mana yang akan dipilih dalam Pilgub DKI, sebanyak 80,30% menjawab akan memilih yang diusung partai. Sementara calon independen hanya 16,26 persen,” kata Direktur Eksekutif Emrus Corner, Emrus Sihombing dalam publikasi hasil survei di Hotel Grn Alia Prapatan, Kwitang, Jakarta Pusat, Minggu (13/3/2016).

“Kami mengambil sampel dari 400 perempuan yang tersebar di 5 wilayah di Jakarta dengan metode purposive sampling. Rata-rata pendidikan pada rentang SMA 32,5%, tamatan SMP 30%, dan SD 30,5%,” imbuhnya.

Hanya saja, kata dia, hingga saat ini belum ada satu partai pun yang mendeklarasikan pasangan calonnya. Jadi, untuk survei elektabilitas calon gubernur, kata dia, pihaknya masih berpusat pada tingkat keterpilihan figur.

Dari hasil survei tersebut Ahok masih memuncaki tingkat keterpilihan yakni 46,2 persen, disusul kemudian oleh Hasnaeni yang merupakan bakal cagub perempuan sebanyak 42,5 persen. Sisanya adalah Yusril Ihza Mahendra (3,5%), Biem Benyamin (1,75%), Ahmad Dhani (1,75%), Adyaksa Dault (1,25%), dan Sandiaga Uno (1%). (SUM)

KOMENTAR