Survei: Jika Ridwan Kamil Deklarasi, Ahok akan Turun

0

TERASBINTANG.com – Pemilihan gubernur DKI Jakarta masih satu tahun lagi. Tapi persaingan antar kandidat sudah mulai terasa. Bahkan beberapa survei juga sudah bermunculan.

Salahs atunya survei yang dilakukan Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI). Direktur Eksekutif KedaiKOPI Hendri Satrio dalam siaran pers, Senin (22/2/2016), mengatakan, saat ini popularitas patahana, Basuki Tajahaja Purnama memang paling tinggi.

Berdasarkan survei KedaiKOPI, Ahok memperoleh tingkat popularitas tertinggi (98,5%) dan tingkat elektabilitas tertinggi (43,5%) tapi masyarakat Jakarta ternyata lebih menyukai gubernur yang datang dari kaum muda, di bawah usia 45 tahun (50,8%). Sekadar diketahui, Ahok saat ini berusia 49 tahun.

Tak hanya itu, kata dia, elektabilitas Ahok masih rentan dan bisa dikalahkan. Apalagi, kata dia, kalau Wali Kota Bandung Ridwan Kamil benar-benar mendeklarasikan diri menjadi cagub. Jika pria yang akrab disapa Kang Emil itu deklarasi, elektabilitas Ahok akan turun.

“Selain faktor usia, Ahok belum aman karena tingkat elektabilitas dirinya akan turun bila calon kuat lainnya mendeklarasikan diri secara resmi menjadi gubernur. Contohnya bila Ridwan Kamil mendeklarasikan diri secara resmi sebagai Cagub Jakarta maka elektabilitas Ahok akan turun sebesar 7,5% menjadi 36% dan justru elektabilitas Emil akan naik 4,8%, dari 16% menjadi 20,8%,” kata Hendri Satrio.

Survei ini dilakukan pada 11-15 Februari 2015, menggunakan 400 orang responden yang tersebar secara proporsional  di 40 kelurahan di 5 Kota DKI Jakarta. Pemilihan sampel dilakukan acak dengan metode sampel acak bertingkat dengan memperhatikan proporsi antara jumlah sample dengan jumlah pemilih setiap kota. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan margin of error (MoE) +/- 4,9%.  (SUM)

KOMENTAR