Susi Pudjiastuti Dicurhati Nelayan Flores, Sentil Gubernur Jawa

0

TERASBINTANG.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima curhatan sejumlah nelayan Flores Timur mengenai masuknya kapal-kapal dari Banyuwangi hingga batas kewenangan provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Susi Pudjiastuti menyampaikan pembelaannya pada nelayan Flores. Kemudian Susi menyentil gubernur Jawa untuk memberi teguran pada nelayan dari kapal-kapal Jawa yang mencaplok ikan milik daerah lain.

“Kalau ada nelayan dari luar masuk ke dalam wilayah bapak sejauh itu, kasih tahu Gubernur bersangkutan,” ucap Susi saat berbincang dengan nelayan di Larantuka, NTT, Jumat (10/6/2016).

“Bilang ke Gubernur Ganjar (Gubernur Jateng) atau Pak Karwo (Gubernur Jatim) misalnya, mohon ingatkan nelayan bapak untuk tidak masuk di wilayah 12 mil kami,” kata Susi lagi.

Menteri fenomenal ini menegaskan dirinya tidak suka ketidak-adilan meski Susi Pudjiastuti berasa dari pulau Jawa. Jika pencaplokan ikan oleh kapal-kapal Jawa dibiarkan, maka ikan-ikan dari provinsi Timur bakal habis.

“Nanti banyak pulau di Timur ikannya habis oleh nelayan pulau Jawa. Saya orang Jawa, tapi kalau yang tidak adil ya tidak boleh. Setiap pesisir adalah milik masyarakat pesisirnya,” kata Susi Pudjiastuti.

KOMENTAR