Tak Pernah Penuhi Ketentuan yang Berlaku, Kemenhub: Uber dan GrabCar Akan Diblokir

0

TERASBINTANG.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menegaskan Uber dan GrabCar tak pernah memenuhi ketentuan yang berlaku untuk menjalankan usahanya baik di bidang transportasi maupun di bidang perangkat lunak. Oleh karenanya, pemerintah berencana akan memblokir aplikasi Uber dan GrabCar tersebut.

“Kepada Uber dan GrabCar untuk memenuhi ketentuan yang berlaku yang sampai sekarang tidak pernah dipenuhi,” ujar Kepala Biro Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata, Senin (14/3/2016).

Menurut Barata, ketentuan yang tak dipenuhi itu adalah membentuk badan hukum, tak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) alias tidak membayar pajak, kendaraan tak memenuhi persyaratan keselamatan dengan uji berkala, tak memakai pelat kuning (pelat untuk angkutan umum), dan asuransi untuk angkutan umum yang diberlakukan.

Untuk Grab, yang diblokir untuk GrabCar hanyalah untuk aplikasi pemesanan angkutan mobil roda 4 saja. Sedangkan untuk GrabBike tidak termasuk. “Peraturan yang ada memberlakukan dan mengatur mengenai pertaksian. Sementara untuk yang lain-lain tidak diatur, jadi memang (roda dua) tidak terkait sama aturan itu,” jelas Barata. (Rs)

KOMENTAR