Tanggapi Praperadilan Kasus RS Sumber Waras, Begini Komentar Ahok

0

TERASBINTANG.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menanggapi gugatan praperadilan yang diajukan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terkait kasus pembelian lahan RS Sumber Waras.

Menurut Ahok, gugatan praperadilan baru bisa diajukan jika sebuah kasus sudah masuk ke tahap penyidikan. “Ada di UU kalau tidak salah, praperadilan baru bisa diajukan kalau sudah masuk tahap penyidikan bukan di tahap penyelidikan. Jadi bagaimana dia bisa menggugat sesuatu kalau belum ditindak penyidikan,” kata Ahok, di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Senin (14/3/2016).

Sebelumnya, soal kasus RS Sumber Waras baru masuk dalam tahap pengumpulan bukti atau penyelidikan oleh KPK. “Kalau dia (MAKI) pikir secara hukum memaksa KPK supaya naik ke penyidikan, saya yakin KPK profesional. Kalau enggak ada barang bukti gimana mau naik ke tahap penyidikan? Mungkin dia dengan cara itu (ajukan praperadilan), bisa menaikkan ke arah penyidikan, ya enggak bisa dong,” ujar Ahok.

Pada sidang pertama praperadilan, senin (14/3/2016), KPK sebagai tergugat tak hadir. Pihak yang hadir hanya penggugat, yakni MAKI. Karena KPK tidak hadir, hakim menunda sidang menjadi Senin pekan depan. (Rs)

KOMENTAR

loading...