Tegas! Polri Tak Akan Lindungi Anggotanya yang Bermasalah 

0
loading...

TERASBINTANG.com – Mabes Polri akhirnya angkat bicara mengenai komentar miring sebagian pihak yang seolah-olah menganggap Polri melindungi anggotanya yang bermasalah. Hal ini terkait dengan 8 anggota Polri yang tidak memenuhi panggilan KPK sebagai saksi kasus dugaan korupsi yang menjerat Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian.

Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul menjelaskan pihaknya sudah mengambil keterangan dari 8 anggota itu dan hasilnya sudah diserahkan kepada KPK. Artinya, Polri sejauh ini masih sangat membantu kerja-kerja KPK. Apalagi, kata Martinus, banyak petugas Polri yang diperbantukan di KPK.

”Selama ini kan ada joint investigasi,” kata Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri Rabu (28/12).

Selama ini, Polri dan KPK sudah membangun mekanisme koordinasi kelembagaan yang baik. Jadi, pihaknya tidak mungkin melindungi anggota yang bermaslah secara hukum.

”Jlllangan khawatir. Polri tidak akan melindungi orang-orang yang bersalah. Mekanisme kerjasama dengan KPK itu sudah da kita jalankan dengan baik.”

Tapi, masih kata Martinus, jika memang ke delapan orang itu harus dihadapkan ke KPK dengan berbagai resiko hukum maka itu dipertanggungjawabkan secara individual.

”Jadi pasti, gak ada masalah. Sampai kebutuhan itu oleh KPK dianggap cukup. Kepolisian akan support KPK sepenuhnya jika dibutuhkan keterangan pihak terkait, kepolisian akan beri dukungan,” sambungnya.

loading...