Temukan Situs Radikal? Begini Cara Melaporkan

0
loading...

TERASBINTANG.com – Banyaknya situs-situs radikal yang menyebarkan informasi hoax, provokasi, dan kebencian benar-benar telah membuat masyarakat resah. Situs-situs tersebut tidak punya tanggungjawab sosial sama sekali untuk merawat kebersamaan dan perdamaian. Sebaliknya, mereka justru ingin memecah belah bangsa ini.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk menghentikan propaganda-propaganda seperti itu, namun tampaknya belum begitu berhasil. Malah, bila pemerintah megambil langkah tegas terhadap kelompok-kelompok radikal yang kerjaannya mengkopar-kapirkan sesamanya itu, justru kadang dituduh anti Islam dan seterusnya.

Namun, maraknya kasus penyebaran dan rekrutmen terorisme yang begitu marak disebarkan situs-situs itu, membuat pemerintah harus kerja keras untuk terus menangkal, mengendalikan, bahkan menggagalkannya.

Kini, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dan Kementerian Kominfo membuat terobosan baru untuk memudahkan masyarakat ikut terlibat dalam mengawasi pergerakan situs-situ nakal itu. Salah satunya adalah membuka saluran pengaduan bagi masyarakat bila menemukan konten-konten di situs-situs maupun sosial media yang cenderung berisi ujaran kebencian, provokasi, maupun fitnah yang bernuansi SARA.

Seperti tampak pada gambar, bila menemukan konten, berita, maupun postingan seperti di atas, masyaraat bisa melaporkan secara langsung melalui email: [email protected] serta di-cc ke [email protected] Email aduan kirim dengan tanda subjek LAPOR SITUS RADIKAL.

Seperti diketahui, jaringan terorisme di negara mana pun termasuk di Indonesia selalu bergerak melalui situs-situs radikal. Bila situs radikal tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin akan banyak anak bangsa yang terjebak dalam paham kejahatan seperti ini.

Itu sebabnya, saatnya masyarakat ikut serta dan berperan aktif untuk membantu pemerintah, menyelamatkan masyarakat dab bangsa dari ancaman teroris yang sel-selnya tumbuh melalui jaringan situs-situs jenis di atas. Merdeka!

 

loading...