Terbukti Korupsi, Majelis Hakim Vonis Choel Mallarangeng 3,5 Tahun

0
loading...

TERASBINTANG.com — Dianggap terbukti bersalah menerima suap terkait proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, majelis hakim memvonis Andi Zulkarnaen Mallarangeng atau akrab disapa Choel Mallarangeng 3 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 250 juta subsider 3 bulan kurungan.

“Menyatakan terdakwa Andi Zulkarnaen Mallarangeng terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi,” kata hakim ketua Baslin Sinaga membacakan amar putusan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Choel Mallarangeng disebut menerima uang sebesar Rp 2 miliar pada Mei 2010. Uang tersebut diterima Choel dari Herman Prananto dan Nani Meliana Rusli (PT Global Jaya Manunggal). Dia juga menerima uang USD 550 ribu.

Hakim juga menyatakan, uang yang diterima Choel Mallaranging berkaitan dengan jabatan Andi Mallarangeng yang pada waktu itu menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Uang itu ada hubungan kedudukan Andi kakak kandung terkait proyek hambalang, Choel turut serta dalam proyek itu. Andi kakak kandung Choel mengeluarkan surat proses lelang, sehingga Andi menyalahgunakan kewenangan jabatan atau kedudukan dan memilih Choel memenangkan proyek itu,” ungkap hakim Baslin.

loading...